in Gas Distribution

Desain Bak Valve Jaringan Pipa Gas Bumi

post-inset-1Bak valve dibangun menggunakan beton dan berbentuk seperti kubus dengan tutup di atasnya. Secara ideal, bak valve seharusnya tidak boleh terisi air. Meskipun demikian, dalam kenyataannya di lapangan bak valve banyak yang terisi air. Akibatnya pipa dan valve terendam. Pipa dan valve yang terendam air rentan terhadap ancaman bahaya korosi meskipun telah dicoating atau dibungkus mastik. Selain itu, air dapat pula mengandung asam dan masuk ke dalam pori-pori beton. Air seperti ini dapat mengurangi umur bak valve. Oleh karena itu perlu dipikirkan desain bak valve yang baik agar air yang masuk ke dalam bak seminimal mungkin sehingga terhindar dari genangan.

Secara spesifikasi, bak valve dibuat sesuai dengan standar yang biasa berlaku di perusahaan distribusi gas seperti berikut.

  • Beton yang digunakan adalah beton K225 slump 10
  • Tulangan yang digunakan adalah besi dengan diameter 12 mm dan 16 mm
  • Cetakan (bekesting) dibuat menggunakan triplek dengan tebal 9 mm dan kayu kaso 5/7
  • Tutup bak didesain dengan 2 bukaan
  • Ukuran tutup bak tergantung dari diameter valve yang dilindungi, yaitu:

Diameter 2”, 4”, dan 6” yaitu 1,4 x 1,4 meter (X dan Y)
Diameter 8”, 10”, dan 12” yaitu 1,8 x 1,4 meter (X dan Y)
Diameter 16” yaitu 2,3 x 1,5 meter (X dan Y)

  • Ketinggian bak valve direncanakan setinggi 20 cm dari tanah

Beberapa data menunjukkan bahwa masih banyak terdapat valve yang tidak dimastik. Begitu pula dengan bak, terdapat banyak bak yang tergenang air. Genangan malah terjadi pada valve yang tidak/belum dimastik. Tentu ini akan meningkatkan potensi korosi yang sangat merugikan. Dalam kondisi bak valve yang baik saja valve yang tidak dimastik akan terkorosi, terlebih pada valve yang terendam air.

Untuk menghindari korosi tersebut modifikasi desain bak valve perlu dilakukan, khususnya pada:

  1. tutup bak agar air yang datang dari atas semaksimal mungkin tidak dapat masuk ke dalam bak.
  2. saluran air ke luar agar air tidak menggenang. Saluran ini dirancang sebagai jalan bagi air untuk dapat keluar dari bak dan masuk ke dalam resapan tanah.

…bersambung

Write a Comment

Comment