in Uncategorized

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

mencatat-pengeluaranKegiatan catat mencatat sangat kental kaitannya dengan kepribadian seseorang. Sebagian orang suka mencatat, sebagian lain tidak. Ternyata urusan catat mencatat ini penting untuk mengatur keuangan pribadi. Bagaimana mungkin kita dapat merencanakan, menganalisa, dan menyimpulkan tanpa data.

Pada tulisan pertama, telah diulas dengan singkat bagaimana langkah mengatur pendapatan dan pengeluaran. Aturan pertama, catat seluruh transaksi yang anda lakukan. Jika memang perlu, breakdown hingga hal detail. Sebagai contoh, anda berbelanja Rp 300.000,- hari ini. Anda bisa saja mencatat Rp 300.000,- untuk satu baris transaksi. Namun, akan lebih baik jika dirinci menjadi lebih detil.

Di sistem saya yang sudah online, kegiatan ini sangat mudah dilakukan. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki akses internet yang 24 jam. Masalah ini bisa disiasati dengan 3 solusi. Pertama, gunakan program Excel jika memiliki komputer/laptop. Kedua, cukup gunakan HP. Cara terakhir, menurut hemat saya sangat ketinggalan zaman: “gunakan tinta dan buku tulis”. Saya tidak akan membahas cara terakhir.

Cara pertama, adalah cara yang paling saya sukai karena sangat powerful untuk input dan analisa data. Tetapi masalahnya, tidak semua orang memiliki daya ingat kuat. Biasa, saya membuka laptop pada malam hari. Jika kegiatan sangat banyak, pengeluaran pun beragam. Saat ingin mencatat pengeluaran, saya lupa. Masalah bukan? Saya sering mencatat di HP dulu untuk kasus-kasus seperti ini. Lebih lagi, tidak banyak pula yang sempat menggunakan Komputer/Laptop setiap hari. Ketika ada kesempatan menggunakan laptop, data yang ingin dicatat sudah hilang/lupa. Format excel yang saya buat mungkin dapat membantu anda. Silakan download di sini.

Cara kedua, menggunakan HP adalah cara yang paling sering saya gunakan. Tentu, melakukan pencatatan dengan HP ada kekurangan dan kelebihan. Untuk analisa, anda tetap membutuhkan komputer/laptop. Namun di sisi lain, HP dapat digunakan kapan dan dimana saja. Banyak HP sekarang telah menyediakan Note atau aplikasi lain. Jika ada aplikasi yang mirip Excel, lebih baik. Jika tidak, gunakan saja notepad. Yang penting, pencatatan dilakukan dengan format tertentu agar mudah ketika transfer ke Excel.

Mencatat adalah kegiatan yang sangat sederhana. Semua orang bisa melakukannya. Niat kuat dan konsistensi adalah kunci utama. Hasil yang baik akan didapat dengan pengorbanan. Dan pengorbanan itu salah satunya dengan “mencatat dan mengingat”.

Write a Comment

Comment