in Uncategorized

OpenWrt untuk TP-LINK TL MR3420 Router

openwrt-logoKekurangan paling mendasar pada router TL MR3420 (dengan firmware bawaan) adalah proses identifikasi usb dongle modem yang lama. Proses tersebut dapat memakan waktu 2-3 menit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, firmware bawaan dapat diganti menggunakan firmware OpenWrt.

Note: percobaan yang dilakukan di sini hanya bagi anda yang sudah mengetahui konsekuensi dasar flashing firmware: router bricked! Sederhananya, percobaan ini dapat membuat router anda tidak bisa lagi digunakan jika dilakukan dengan tidak tepat.

Langkah

Siapkah router, koneksikan ke komputer. Usahakan router menggunakan IP default 192.168.1.1.

Download .bin file di http://ofmodemsandmen.com/downloads.html >> sesuaikan dengan versi router.

Mengapa menggunakan .bin file di web tersebut? Alasannya sederhana. Saya memakai USB Modem EC306-2 dan telah mencoba berbagai rilis OpenWrt, namun belum ada rilis yang dapat mengenali USB Modem tersebut. Untuk dapat dikenali, anda harus menginstall package tertentu dan melalui langkah serta masalah baru (out of free space, tidak dapat mengakses repository, dsb). Untuk mempersingkat waktu, firmware dari ofmodemsandmen ini dapat diandalkan.

Akses control panel melalui web. Klik menu System Tools > Firmware Upgrade. Pilih binary file yang telah didownload dan upload firmware tersebut ke modem.

software-upgrade-firmware-tl-mr3420

Penting!!! Jangan matikan router pada saat flashing berlangsung. Tunggu proses hingga benar-benar selesai.

Buka 192.168.1.1 melalui browser. Jika anda dapat mengakses LuCi, berarti instalasi berjalan dengan sempurna.

Write a Comment

Comment