in Uncategorized

Reuni Bukan Hanya Sekadar Nostalgia

reuniAyah, ibu, adik, dan kakak adalah keluarga kita sejak lahir. Sahabat? Mereka bukan keluarga yang lahir dari rahim ibu kita. Sahabat adalah keluarga yang diciptakan dari kekuatan kebersamaan dan kesamaan.

295 orang menempuh pendidikan bersama. Hidup di bawah atap yang sama. Mendapat didikan dari Pamong yang sama. Lebih dari 10 tahun kami tidak bertemu. Cukup lama kami mengarungi dunia. Masing-masing berhulu pada satu titik waktu dan tempat yang sama, SMA Taruna Nusantara.

Albatross, begitu kami menamakannya. Satu angkatan yang terdiri dari 295 alumni SMA Taruna Nusantara. Saya telah menganggap mereka sebagai keluarga. Keluarga adalah orang yang selalu ada di dalam suka dan duka. Dan hingga saat ini, mereka selalu ada. Tidak semua memang, namun selalu membayangi langkah saya. Dimulai dari lulus SMA, kuliah, hingga bekerja, tak pernah kehadiran mereka kosong.

1-5-2015 adalah hari bersejarah bagi kami. Grafika Cikole, Bandung, menjadi saksi bisu kekeluargaan yang kami jalin. Ibarat Saudara yang lama tak bertemu, segala perasaan tumpah ruah di hari itu. Kami berkumpul dari berbagai belahan dunia untuk bersua kembali.

Nostalgia sudah pasti, tapi bukan itu yang kumimpikan. Ketika bertemu dengan mereka, aku mencari perasaan senang, haru, dan bangga. Senang, karena bertemu Saudara. Haru, karena mengingat perjalanan kami yang begitu panjang dan berwarna-warni. Bangga, melihat mereka semua telah sukses di bidangnya masing-masing.

Kehidupan sehari-hari kadang sedikit menjemukan. Apalagi diharapkan dengan rutinitas yang sama. Meskipun kita bekerja dengan passion, namun perasaan bosan tak mungkin bisa dihindari. Reuni adalah salah satu obat mujarab membangkitkan detak gairah hidup. Efeknya bertahan lebih lama. Jika bosan menghantui, saya akan mengingat sahabat-sahabat, menerka-nerka kesuksesan apalagi yang akan mereka raih. Dengan begitu, saya akan tertantang untuk menjalani hidup menjadi lebih baik. Jika mereka bisa, kenapa saya tidak? Jika mereka mampu, apa alasan saya untuk tidak mau? Terima kasih Albatross, kalian adalah salah satu mood booster yang terhebat bagi saya.

Write a Comment

Comment